Rabu, 23 November 2011

Cara menghitung google pagerank blog dengan visualisasi grafik

Secara umum untuk menentukan pagerank merupakan rahasia google. Namun dari situs resmi google dan forum-forun seo terkadang kita memperoleh banyak informasi tentang cara menentukan pagerank dan cara meningkatkan pagerank. Umumnya metode perhitungan yang dihasilkan oleh webmaster / seo analyst adalah berdasarkan pengalaman selama bertahun-tahun dan penelitian secara berkesinambungan pada perilaku google dalam menentukan pagerank blog/website. Dari pendapat mereka kita bisa mengambil acuan untuk berusaha meningkatkan pagerank blog yang kita miliki.

Ada beberapa skenario yang sering kita temukan :

a. Skenario 1 (pendekatan backlink)
Perbanyak backlink  dan usahakan trafik secukupnya, asumsi aliran ini menegaskan bahwa semakin banyak backlink (link yang mengarah ke blog anda) maka semakin besar peluang untuk meningkatkan pagerank blog. Dengan syarat backlink yang yang diperoleh berkualitas (mempunyai relevansi dengan blog anda), kaitan backlink dengan pagerank bisa dilihat disini menentukan pagerank blog berdasarkan backlink

b. Skenario 2 (pendekatan trafik)
Perbanyak trafik/kunjungan ke blog anda, disertai backlink secukupnya, asumsi aliran ini adalah mendatangkan trafik dengan cara-cara yang tidak dilarang  oleh google (beberapa cara yang dilarang oleh google seperti trafik dari spam comment atau spam  email, dll). Trafik bisa diperoleh dari search engine melalui optimasi seo dan teknik seo, beriklan di situs ppc, ptc,dll. Trafik yang bobotnya tinggi adalah trafik yang bersumber dari search engine, semakin banyak trafik semakin banyak peluang meningkatkan pagerank blog.

c. Skenario 3 (pendekatan variabel utama pagerank)
Cara ini lebih rumit dan kompleks jika dibanding dengan dua skenario di atas karena dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan dalam merawat blog, seperti :
Perbanyak backlink, meningkatkan trafik, meningkatkan relevansi konten blog (mencakup postingan dan meta tag), meningkatkan /update postingan secara kontinyu, memantau kesehatan link (error link),  menghindari konfilk script pada blog, mempercepat waktu loading blog dengan mengurangi widget yang tidak penting atau  mengurangi widget javascript dan berbagai variabel lain yang menurut google ada 200 variabel untuk menentukan pagerank

Untuk lebih memperluas wawasan kita tentang cara kerja google dalam menentukan pagerank, jika skenario di atas dillustrasikan secara visual bisa dilihat grafik di bawah ini : (catatan: nilai dan bobot hanya ilustrasi saja bukan nilai sebenarnya yang ditentukan oleh google)

a. Gambar 1(optimasi varibel pagerank pada satu variabel saja) mewaklili skenario 1 dan 2

 b. Gambar 2 (optimasi variabel pagerank pada banyak variabel) mewakili skenario 3



Pada gambar 1 terlihat hanya 1 atau beberapa variabel yang dioptimasi , bisa saja hanya melakukan optimasi pada backlink, atau pada trafik saja, namun perlu disadari bahwa jika model gambar 1 rentan terhadap fluktuasi pagerank, karena jika sumber utama tersebut (backlink) berkurang secara drastis maka sangat berpotensi untuk menurunkan pagerank blog.

Pada gambar 2 terlihat banyak variable yang dioptimasi, jika salah satu variabel mengalami penurunan maka variabel lain masih memberikan backup, sehingga ketahanan pagerank lebih baik jika dibanding pada gambar 1.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar