Rabu, 23 November 2011

Tips SEO, memenggal keyword dalam postingan blog agar lebih seo friendly

Keyword merupakan salah satu faktor penunjang dalam optimasi seo , namun terkadang kida dihadapkan pada permasalahan keyword yang akan di optimasi, misalnya keyword terlalu panjang.
Dari beberapa blog seo dan forum seo membahas tentang beberapa tips pemenggalan keyword, maka dapat dikelompokkan :
1. Keyword yang dipenggal lebih mampu bersaing dalam SERP dibanding keyword yang panjang,
2. Keyword yang panjang memberikan lebih banyak variasi keyword sehingga bisa mendatangkan trafik dari search engine dari keyword yang lemah persaingannya.

Dari kedua pendapat di atas sebenarnya kita dapat menggabungkan antara keyword yang dipenggal dan keyword yang panjang.

Sebagai contoh:


A. Contoh 1
Belajar blog dan panduan seo

Jika ditelusuri oleh search engine maka keyword di atas akan dianggap oleh searh engine menjadi beberapa keyword:

1. Belajar blog
2. Panduan blog
3. Belajar seo
4. panduan seo
5. panduan belajar blog
6.panduan belajar seo
7. belajar
8.blog
9. dan berbagai kombinasi lainnya.

B. Coontoh 2
Namun jika ingin memenggalnya menjadi: (biasanya dipisah dengan tanda | atau tanda - )
1. Belajar blog | panduan seo
2.  Belajar blog -  panduan seo

Maka keyword yang  dideteksi oleh searcg engine:
1. Belajar blog
2. panduan seo
3. belajar
4. seo

Setelah mampu mengklasifikasikan keyword atau memenggal keyword yang menjadi permasalahan dimana kita tempatkan keyword. dan kerapatan keyword.

Ada aturan yang mungkin bisa jadi referensi:
1. Keyword sebaiknya jangan terlalu  rapat, dalam 300 kata sebaiknya ada 1 keyword (jika kurang dari 300 kata ada keyword maka menurut teori kurang baik)
bagaimana dengan halaman di blog saya seperti ini:
a. Panduan windows xp
b. Panduan windows vista
c. Panduan windows 7

d. Teknik SEO

Jika anda lihat di atas ada banyak link yang secara otomatis anchor text tersebut dianggap sebagai keyword, maka jika dibandingkan dengan densitas keyword, maka akan melanggar aturan, tapi jika di cek ternyata pageranknya rata-rata 2 sampai 3,

Lain kali akan kita bahas kenapa google mengabaikannya, karena kemungkinan disini melibatkan kaitan antara link statis, frequensi klik, jumlah postingan dan backlink

Kita kembali ke tema utama, dimana meletakkan / memasang keyword di dalam postingan, secara pribadi keyword yang mudah ditemukan oleh search engine adalah keyword yang diletakkan di dalam anchor text. (cara ini saya anjurkan, karena telah terbukti manjur)

Cara lain yang biasa digunakan adalah dengan membuat tulisan tebal , membuat tulisan lebih besar ukuran-nya  (perlu diingat google menyarankan tulisan di dalam postingan sebaiknya tidak lebih besar dari ukuran  tulisan yang ada di judul postingan) memberikan efek tulisan seperti tulisan bergaris, berwarna, dll. (yang sekali-kali saya pakai adalah  membuat tulisan tebal dan membuat
tulisan berwarna

Terkadang saat kita membuat blog,  malas mengikuti aturan  karena kesannya susah membuat postingan yang terkadang karena terlalu menekankan keyword, jadi kalimatnya jadi tidak sinkron.  atau karena terlalu banyak efek tulisan jadi seperti amburadul tulisaanya.

Saya juga terkadang malas mengikuti aturan di atas, hanya terkadang saya lakukan secara bertahap, setelah postingannya jadi biasanya di edit ulang agar keyword yang diinginkan bisa ter-optimasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar