Google didirikan dengan fokus untuk mengembangkan “mesin pencarian yang
sempurna”, sesuai yang dicanangkan oleh salah seorang pendirinya, Larry
Page, sebagai sesuatu yang “benar-benar mengerti apa yang Anda maksudkan
dan memberikan apa yang memang Anda inginkan”. Karena itu, Google
secara gigih terus berinovasi dan tidak menyerah pada keterbatasan model
yang ada saat ini. Sebagai hasilnya, Google mengembangkan infrastruktur
layanan milik sendiri dan terobosan teknologi PageRank™ yang mengubah
cara melakukan pencarian.
Sejak semula, para pengembang Google mengetahui bahwa penyediaan hasil
yang tercepat dan paling akurat memerlukan bentuk penyiapan server yang
berbeda. Sementara kebanyakan mesin pencari menjalankan beberapa server
besar yang sering melambat di saat beban maksimum, Google menggunakan PC
yang tersambung untuk cepat menemukan jawaban pertanyaan. Inovasi ini
berhasil mewujudkan waktu respons yang lebih cepat, jangkauan yang lebih
luas, dan biaya yang lebih rendah. Ide ini telah ditiru oleh pihak
lain, sementara Google terus menyempurnakan teknologi pendukungnya untuk
membuatnya jauh lebih efisien.
Perangkat lunak di balik
teknologi pencarian Google menjalankan serangkaian kalkulasi secara
serempak yang hanya membutuhkan waktu kurang dari satu detik. Mesin
pencarian tradisional sangat mengandalkan pada seberapa sering suatu
kata muncul di halaman web. Google menggunakan PageRank™ untuk menguji
seluruh struktur link di web dan menentukan halaman manakah yang paling
penting. PageRank kemudian menjalankan analisis pencocokan hypertext
untuk menentukan halaman mana yang relevan dengan pencarian khusus yang
diminta. Dengan menggabungkan seluruh kepentingan dan relevansi khusus
pertanyaan, Google mampu menempatkan hasil paling relevan dan dapat
dipercaya di baris paling atas.
Teknologi PageRank:
PageRank mengukur kepentingan halaman web yang objektif dengan
memecahkan persamaan lebih dari 500 juta variabel dan 2 miliar istilah.
Alih-alih menghitung link langsung, PageRank menafsirkan sebuah link
dari Halaman A ke Halaman B sebagai pilihan untuk Halaman B melalui
Halaman A. Kemudian PageRank menilai pentingnya halaman melalui jumlah
pilihan yang diterima.
PageRank juga mempertimbangkan pentingnya setiap halaman yang menentukan
pilihan, selama pilihan dari beberapa halaman dianggap memiliki nilai
yang lebih penting, sehingga halaman terkait memiliki nilai yang jauh
lebih bermakna. Halaman yang penting akan menerima nilai PageRank yang
lebih tinggi dan akan muncul di bagian paling atas pada hasil pencarian.
Teknologi Google menggunakan inteligensi kolektif dari web untuk
menentukan kepentingan halaman. Tidak ada keterlibatan atau manipulasi
manusia untuk hasil pencariannya, dan itulah sebabnya pengguna sampai
mempercayai Google sebagai sumber informasi yang objektif dan tidak
terganggu oleh penempatan yang dibayar.
Google menyediakan buku panduan seo untuk pemula (gratis).Dengan
adanya panduan
seo tersebut akan membantu webmaster/blogger dalam melakukan
optimasi blog agar dapat meningkatkan google pagerank.
Analisis Pencocokan Hypertext:
Mesin pencarian Google juga menganalisis konten halaman. Namun, daripada
hanya sekadar membaca sepintas teks berdasarkan halaman (yang dapat
dimanipulasi oleh penerbit situs melalui meta-tag), teknologi Google
menganalisis keseluruhan konten halaman dan berbagai faktor berupa font,
subdivisi, dan lokasi yang sesungguhnya dari setiap kata. Google juga
menganalisis konten halaman web di sekitarnya untuk memastikan hasil
yang disampaikan adalah yang paling relevan bagi pertanyaan yang
diajukan oleh pengguna.
Inovasi Google tidak berhenti pada desktop. Untuk menghadirkan hasil
pencarian yang akurat dan cepat bagi pengguna yang mengakses web melalui
perangkat portable, Google juga memelopori teknologi pencarian nirkabel
pertama untuk penerjemahan sambil menjelajah dari HTML menjadi format
yang dioptimalkan untuk WAP, i-mode, J-SKY, dan EZWeb. Kini, Google
menyediakan teknologi nirkabel ini pada sejumlah pemimpin pasar, antara
lain AT & T Wireless, Sprint PCS, Nextel, Palm, Handspring, dan
Vodafone.
Jangka Waktu Pertanyaan Google
Jangka waktu respon mesin pencari
google
Respon mesin pencari Google terhadap proses pencarian yang dilakukan
oleh pengguna, biasanya berlangsung kurang dari setengah detik, namun
dalam waktu sesingkat itu pula, ada beberapa langkah yang harus
dilewati google sebelum hasilnya dapat dikirimkan kepada orang yang
mencari informasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar