SEO Ranking Factor adalah faktor-faktor yang menjadi penentu dalam
pemeringkatan sebuah halaman web/blog pada sebuah search engine seperti
search engine google, yahoo, bing, dll. Secara umum dibagi menjadi dua
kategori yaitu faktor internal (on the page seo) dan faktor eksternal
(off the page seo). Perlu diketahui setiap search engine memiliki
algoritma tersendiri yang dalam proses penentuan peringkat halaman yang
akan ditampilkan pada SERP dibangun dengan formula matematik dengan
variabel berupa seo ranking factor, yang menjadi permasalahan pemilik
search engine merahasiakan variabel yang digunakan untuk menilai sebuah
halaman web, bobot masing-masing factor tersebut, serta koefisien pada
setiap variabel tidak diketahui secara detail. Namun berdasarkan hasil
penelitian dari penggiat SEO maka diperoleh sebuah penyederhanaan yang
bisa menjadi pedoman untuk mengembangkan teknik SEO agar website / blog
lebih SEO friendly.
Berikut ini adalah visualisasi SEO Ranking Factor yang saya copy dari
searchengineland
Dengan bantuan tabel periodik di atas, dapat lebih memudahkan blogger
dalam melakukan optimasi blog.
Beberapa point yang menarik yang dapat diambil dari tabel periodik di
atas:
A. On the Page SEO Ranking Factor:
1.Konten blog (isi postingan blog), mencakup:
a. Kualitas konten /posting blog , Apakah isi blog telah ditulis
dengan baik dan berkualitas
b. Research Keyword dan Monitoring Keyword , Apakah sudah melakukan
riset keyword dan menggunakan keyword yang sering digunakan pengunjung
pada search engine
c. Engage , Seberapa banyak halaman yang dibuka pengunjung pada
website anda , apakah hanya membuka satu halaman kemudian meninggalkan
situs anda "bounces"
d. Fresh, Apakah blog sering diupdate dengan kontent yang baru
2. HTML
Apakah html title tag , metadescription, header dan subheader, berisi
keyword yang relevan dengan topik postingan
3. Arsitektur
a.Apakah search engine dapat dengan mudah menelusuri halaman web/blog
b.Apakah blog terbuka dengan cepat
c. Apakah url mengandung keyword
B. Off the Page SEO Ranking Factor , mencakup:
a. Kuantitas dan Kualitas Link
b. Social network share
c. Trust dan Authorithy
d. Personal
Tidak ada komentar:
Posting Komentar